Polres Makota Terjunkan 1.315 Personel untuk Amankan Pemilu 2019

jokmobilcirebon.com

- Polres Malang Kota (Makota) menerjunkan 1.315 personel gabungan untuk mengamankan Pemilu 2019, 17 April mendatang.Aparat keamanan juga akan memetakan titik-titik rawan di tempat kampanye terbuka.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri memaparkan, pasukan pengamanan pemilu terdiri dari 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel TNI; Polri, 3 SSK; dan Linmas 6 SSK. "Untuk masing-masing potensi masyarakat mengirimkan satu pleton," ujarnya usai gelar apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 dan Deklarasi Damai di Stadion Gajayana Malang, Jumat (22/3).

Selain itu,pihaknya juga akanmemetakan titik-titik rawan pada tempat yang digunakan untuk kampanye terbuka. "Sampai saat ini kami belum terima jadwal kampanye terbuka, baik untuk paslon presiden, maupun caleg. Apabila sudah diberikan, kami akan melakukan pemetaan dan juga pengamanan," paparnya.

Dia mengimbau kepada para personel gabungan agar selalu waspada terhadap potensi kerawanan yang ada. "Kenali, cari, temukan, atasi dan netralisir segala potensi kerawanan agar tidak menyebar. Semua personel harus berpartisipasi aktif," tegasnya.

Tak hanya itu, patroli cyber juga diturunkan untuk memelototi berita hoax yang sering beredar. Apabila ditemukan berita hoax dan hal negatif yang tersebar di media sosial, pihaknya tak segan memberikan teguran keras kepada pengunggah. "Kalau ada yang laporan, kami akan tindak lanjuti untuk proses hukum," imbuhnya.

Asfuri juga mengimbau kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat agar turut serta menciptakan suasana tenang dan aman selama pemilu. Apel tersebut ditutup dengan Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan oleh perwakilan partai politik, bawaslu hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

Related Posts you may like