Jelang Kampanye Rapat Umum, Solo Raya Dapat Pengamanan Khusus

jokmobilcirebon.com

- Kepolisian Daerah Jawa Tengah telah memetakan titik kerawanan selama agenda pelaksanaan pemilu tahun ini berjalan. Adalah wilayah Solo Raya yang mendapat perhatian lebih kini dan ke depan, menyusul tingginya intensitas kegiatan kampanye di sana.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, wilayahnya ini dari sekian puluh provinsi yang ada, termasuk kategori aman. Itu merupakan hasil monitoring Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polri.

"Tapi kami tidak underestimate. Kami bersama segenap unsur Forkopimda, Pak Gub, Pak Pangdam, kami melihat dinamika kampanye yang sudah berjalan, intensitas kegiatan paling banyak itu di Solo Raya," katanya saat dijumpai usai jalannya Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Pengamanan Kampanye Terbuka dan TPS Pemilu di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Jumat (22/3).

Pihaknya menilai, makin tinggi intensitas kegiatan itu, kian besar pula potensi timbulnya gesekan. "Oleh karenanya kami menempatkan wilayah Solo Raya ini menjadi wilayah yang menjadi perhatian. Walaupun Jateng ini aman. Disusul Kedu dan Banyumas," tambahnya.

Mengenai kampanye rapat umum nasional yang akan dimulai 24 Maret sampai 13 Maret mendatang, dari Kepolisian juga tak mau lengah. Lantaran selama agenda kegiatan ini, para peserta pemilu diperbolehkan untuk memobilisasi massa.

"Oleh karenanya setiap ada event yang besar, kita akan konsilodasi. Kita apelkan kembali, kemudian akan kita terjunkan pada rapat umum," bebernya.

Amunisi pengamanan di Jateng sendiri terdiri dari 23 ribu pasukan gabungan Polri dan TNI. Selain itu masih ada bantuan personel lagi dari Pemprov berupa linmas. "Kami, TNI, Polri dan ASN netral dan akan mengamankan pemilu 2019 ini," pungkasnya.

Related Posts you may like