Pengacara Mucikari Prostitui Online Bakal Ajukan Rian Subroto Sebagai DPO

jokmobilcirebon.com
Terdakwa kasus prostitusi online Intan, Tentri, Endang Suhartini saat akan memasuki ruang sidang di PN Surabaya. (Aryo Mahendro/)

Sidang perkara prostitusi online kembali digelar di Pegadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (15/4/2019). Agendanya mendengar kesaksian terdakwa Endang Suhartini, Tentri Novanta, dan Intan Permatasari Winindya alias Nindy.

Endang, Nindy, dan Tentri menjalani persidangan secara bergantian. Satu-persatu, mereka melontarkan kesaksian di hadapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Ketua Majelis Hakim Ketua Anne Rusiana dalam sidang tertutup.

Kuasa Hukum Endang, Franky Desima Waruwu mengatakan, pihaknya telah memohonkan pemanggilan atas saksi penyidik Polda Jawa Timur (Jatim) dan Rian Subroto yang diduga sebagai pemakai jasa prostitusi online. Sudah kali ketiga, dirinya memohon agar menghadir dua saksi tersebut.

Harapan majelis hakim menghadirkan semua penyidik Subdit Cyber Crima Polda Jatim yang terlibat penangkapan. Kalau sampai minggu depan tidak hadir, akan kami ajukan surat pembebasan, kata Desima di PN Surabaya.

Selain itu, Desima juga telah memohon kepada majelis hakim untuk menghadirkan saksi Rian. Jika tidak, majelis hakim melalui JPU harus menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap Rian.

Menurutnya, sosok Rian adalah alat bukti pertama yang dibutuhkan dalam persidangan. Rian yang saat itu memesan kamar dengan uang pribadinya.

Rian ini adalah alat bukti pertama yang kami butuhkan. Karena sudah tiga kali (Rian tidak hadir), maka JPU sudah bisa membuat daftar pencarian orang. Itu sudah diatur dalam KUHAP, ucapDesima.

Hal senada disampaikan Kuasa Hukum Tentri, Robert Mantinia. Menurutnya, kehadiran Rian dalam persidangan akan sangat menentukan. Sebab kesaksiannya akan menentukan keringanan kliennya.

Rian adalah saksi kunci. JPU wajib menghadirkan. Kalau memang tidak hadir, otomatis majelis hakim harus dengan tegas untuk memerintahkan JPU dengan paksa seusai KUHAP, sambung Robert.

Robert berpendapat, kliennya bisa saja bebas jika tidak ada kesaksian dari Rian dan Dhani. Sebab kliennya tidak secara langsung berhubungan dan berkomunikasi dengan Vanessa Angel yang juga menjadi tersangka kasus prostitusi online.

(jpc/pojoksulsel)

sumber: pojoksatu.id

Related Posts you may like